Obat Ampuh Untuk Redakan Gatal dan Nyeri Ambeien


Anda yang mempunyai ambeien atau wasir pasti merasakan nyeri dan kendala saat buang air besar (sembelit). Saking nyerinya, melulu untuk duduk saja rasanya paling menyiksa. Namun kita tak perlu khawatir dulu. Kondisi ini lazimnya tidak riskan dan bisa disembuhkan dengan penyembuhan yang tepat. Jika Anda telah mencoba sejumlah obat ambeien alami namun nyerinya tak pun mereda, barangkali sudah saatnya untuk Anda guna mencoba sekian banyak obat ambeien medis inilah ini.

Kumpulan obat ambeien yang ampuh meredakan gatal dan nyeri

Obat ambeien terdiri dari dua jenis, yakni obat bebas (over the counter) dan obat yang membutuhkan resep dokter. Pada dasarnya, pemberian obat ambeien ini tergantung dari besar, lokasi, dan keparahan fenomena ambeien yang kita rasakan. Jadi, usahakan tanyakan dulu pada apoteker atau dokter tentang jenis obat ambeien yang tepat guna Anda.

Pilihan obat ambeien yang ampuh menanggulangi pembengkakan dan nyeri wasir di antaranya:

1. Obat pereda nyeri

Beberapa obat pereda nyeri, laksana paracetamol dan ibuprofen, dapat Anda andalkan untuk menolong meredakan rasa sakit dampak ambeien. Kedua jenis obat ini bisa Anda temukan dengan gampang karena dipasarkan bebas di apotek atau toko obat terdekat.

Akan tetapi, bila Anda merasakan perdarahan anus yang berlebihan, usahakan hindari konsumsi ibuprofen dan obat NSAID lainnya terlebih dahulu. Alih-alih meringankan nyeri, obat kelompok NSAID tersebut malah dapat memperparah perdarahan dan menciptakan Anda semakin tidak nyaman.

Perlu disalin juga bahwa obat pereda nyeri ini melulu boleh dikonsumsi selama sejumlah hari saja. Pasalnya, di antara efek sampingnya dapat menciptakan kulit selama anus dan punggung kita terasa tidak banyak panas dan sensitif. Maka itu, pastikan kita mematuhi aturan minum dan takaran obat yang diberikan.

2. Krim kortikosteroid

Bila rasa nyeri dampak ambeien semakin meradang dan menjalar ke punggung, segera konsultasikan ke dokter. Dokter seringkali akan meresepkan krim kortikosteroid yang berisi steroid, hormon yang dapat mengurangi reaksi imun dan mempersempit jaringan hemoroid alias ambeien.

Sama laksana obat pereda nyeri sebelumnya, obat ambeien jenis ini melulu boleh dipakai selama satu minggu. Efeknya juga sama, pemakaian krim kortikosteroid yang terlampau lama dapat menciptakan kulit di dekat anus semakin tipis dan memperparah iritasi.

Sebelum memakai krim ini, pastikan kita sudah mencuci area anus dengan tisu bayi bebas pewangi secara perlahan. Setelah itu, lumayan oleskan tidak banyak krim kortikosteroid pada kulit luar anus (bukan di dalam). Jika dipakai secara rutin, teknik ini dapat menolong meringankan gatal dan melancarkan buang air besar.

3. Obat pencahar (laksatif)

Sulit mengejan dampak sembelit (konstipasi) dapat menciptakan ambeien jadi terasa semakin sakit. Sebagai solusinya, mintalah obat pencahar dari dokter guna meredakan gejalanya. Obat pencahar atau laksatif bekerja efektif dengan melancarkan gerakan usus dan mempercepat pengosongan usus. Dengan begitu, desakan pada anus bisa berkurang dan menangkal ambeien kambuh lagi.

Di samping dengan obat pencahar, minum suplemen serat pun memberikan guna yang sama, yaitu menolong melunakkan feses dan meminimalisir tekanan mengejan ketika buang air besar. Contohnya psyllium (Metamucil) atau methylcellulose (Citrucel).

Jika fenomena ambeien tak kunjung mereda atau bahkan semakin memburuk setelah memakai obat ambeien, segera konsultasikan ke dokter. Dokter barangkali akan menganjurkan Anda guna menjalani formalitas operasi untuk menyembuhkan ambeien sampai tuntas.

Tidak ada komentar