Tips Memilih Tempat Bermain Anak dengan Tepat


Tempat bermain anak tentu harus dipilihkan dengan tidak sembarangan mengingat tempat bermain bagi anak selain diperuntukan untuk bermain tetapi juga sebagai sarana ia belajar. Aktivitas bermain memang memiliki peran yang cukup penting bagi tumbuh kembang si kecil. Lebih dari itu, dengan bermain maka akan membantu pertumbuhan fisik, mental, dan juga sosial mereka. 

Bermain bisa dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan, namun biasanya jika di dalam saja maka anak akan menjadi cepat bosan. Jadi sebagai ibu yang baik maka tak ada salahnya jika Anda mengajak anak untuk beraktivitas di luar rumah. Selain mendapatkan suasana yang baru tentu si kecil juga akan memperoleh pengalaman serta pembelajaran yang baru. 

Memilih Tempat Bermain Anak 

Sebagai orang tua Anda memang dituntut untuk lebih selektif dalam memberikan pilihan untuk anak. Hal ini karena memang ada beberapa faktor yang harus dipenuhi agar sang anak bisa tetap merasa aman dan tentu saja nyaman. Nah hal ini juga berlaku dalam menentukan tempat bermain anak, maka dari itu simaklah beberapa tips berikut ini agar tidak salah memilih tempat bermain: 

1. Kebersihan 

Faktor ini sangatlah penting dan urutan pertama yang harus selalu diperhatikan, karena pada saat berada di luar ruangan tentu anak-anak akan menggunakan fasilitas umum. Dan seperti yang diketahui bahwa fasilitas tersebut akan mudah untuk diakses oleh semua orang. Jadi sebaiknya hindari mengajak anak ke tempat yang sarananya tidak bersih, dan tidak terawat. 

2. Lokasi 

Pastikan untuk memilih lokasi tempat bermain bagi anak yang tidak dekat dengan jalan raya agar Anda juga tidak was-was dalam mengawasi si kecil. Jika berada di area outdoor dan berada di deretan gedung maka lebih baik memilih lantai dasar. Kemudian jangan juga mengajak anak ke tempat yang terlalu sepi tanpa ada pengawasan. 

3. Jenis permainan 

Seorang ibu harus benar-benar memperhatikan bahwa permainan yang tengah dimainkan sang anak sesuai dengan usianya. Ya, tentu semua ibu tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap anaknya. Untuk itulah memilih tempat bermain anak harus cukup selektif. 

4. Keamanan 

Poin ini juga merupakan hal yang harus diperhatikan dengan ekstra. Pastikan bahwa tempat bermain atau permainan yang digunakan oleh si kecil telah memiliki standar keamanannya. Anda juga bisa menghitung berapa banyak jumlah pengasuh maupun petugas yang disediakan di area permainan. 

5. Tidak terlalu ramai 

Hindari mengajak anak untuk beraktivitas di luar rumah pada saat weekend atau long holiday. Meskipun ini momen yang tepat untuk berlibur namun biasanya juga akan sangat ramai. Kondisi ini tentu akan membuat Anda dan si kecil tidak nyaman. Tempat yang panas dan minimnya sirkulasi udara karena terlalu sesak tentu akan membuat anak menjadi sangat rewel. 

6. Patuhi peraturan 

Di dalam sebuah tempat bermain biasanya telah ditulis dengan jelas peraturan yang ada. Jadi pastikan Anda mematuhi segala aturan tersebut agar merasa aman dan juga nyaman. Selain itu dengan mentaati peraturan Anda secara tidak langsung juga mendidik anak untuk melakukan hal yang sama. 

Di atas adalah beberapa tips yang bisa dijadikan patokan dalam memilih tempat bermain anak. Jadilah orang tua bijak dan tidak mengekang anak, jika ingin bermain kotor maka perbolehkan karena berani kotor itu baik. Tidak perlu khawatir untuk membersihkannya, perihal ini Anda bisa mengandalkan Rinso.

Tidak ada komentar