Kapan Helm Perlu Dicuci?, Ini Indikator


Helm yang menyeluruh dengan sistem pengaman double D ring lazimnya ada pita merah kecil. Guna dari pita itu untuk unik D ring ketika melepas mekanisme kaitan helm. 

Karena komponen ini tidak jarang kali digunakan, maka bakal membuatnya cepat kotor. Warna merah cerahnya tersebut akan tampak kusam pada cocok lamanya pemakaian helm, sampai-sampai tak gampang dijadikan sebagai di antara indikator helm mulai kotor. 

"Kalau inginkan tahu kapan helm harus dibersihkan itu gampang, salah satunya lihat aja pita merah di strap double D ring atau namanya Red Tab double D ring, bila warnanya jadi hitam kusam itu dapat jadi tanda helm telah kotor dan mesti dicuci," buka Muhammad Irfan Lubis penggawa B-Last Helmet.

Ipek --sapaan akrabnya-- pun menjelaskan, di antara komponen yang menyatu dengan unsur dalam helm ini jadi cepat kotor lantaran paling gampang terkena debu. 

"Posisinya kan di bawah leher dan paling mudah kena debu, tidak jarang dipegang pun kan jadilah dekil atau berubah warna. Bisa dibilang tersebut bagian dalam helm yang gampang terlihat bila sudah kotor, kan warnanya kontras lain sama busa helm yang rata-rata gelap jadi sulit mau buktiin kotor apa enggak kecuali bau," tambah Ipek. 

Untuk membuatnya pulang bersih, cuci borongan helm, mulai dari busa padding, sela-sela ventilasi, batok, dan visornya. Khusus pita merah yang kecil ini cocok rekomendasi Irfan, bersihkan memakai sikat gigi yang bulunya halus untuk menangkal serat pita merah itu berudul atau rusak. Tidak tak sempat bersihkan keselurahan strap (tali pengaman helm) dengan tidak banyak tambahan sampo bayi untuk memberantas kotoran yang menempel.

Alasan pemakaian sampo bayi diterangkan Ipek karenan kandungan kimia yang terbilang aman guna bayi, sampai-sampai memungkinkan aman pun untuk lapisan kain yang terdapat pada helm. "Sampo bayi pH-nya rendah, enggak tidak sedikit bahan kimia beda kaya yang terdapat di detergen. Sama buat kain helm tambah lembut," pungkasnya. 

Terakhir, tak kalah unik untuk menciptakan interior helm lebih segar dan wangi, rendam busa padding dengan cairan pewangi pakaian. Setelah 15 menit direndam, angin-anginkan busa padding guna mengeringkannya. Bedakan helm yang sebelum dan setelah dicuci, jauh lebih unik helm yang sudah dibersihkan bukan?

Tidak ada komentar