Cek 6 Komponen Mobil Ini Setelah Liburan


Bagi kita yang telah mengerjakan perjalanan jarak jauh terdapat baiknyamengerjakan pemeriksaan pada kendaraan terutama mobil yang digunakan.

Pemeriksaan mobil usai mengerjakan perjalanan memang paling dibutuhkan. Pasalnya,sejumlah komponen dijamin performanya berkurang. Tak melulu itu, terdapat jugasejumlah bagian menjadi bermasalah.

Nah berkaca dari permasalahan tersebut, website cekaja.com menganjurkan untukmengerjakan pengecekan. Setidaknya, terdapat enam komponen mobil yang mestidiperiksa, antara lain:

Radiator

Mengecek radiator adalahhal sangat mendasar saat kalian berakhir melakukan perjalanan yang jauh. Coba cek apakah air radiator masih cukup tidak sedikit dancocok standar atau tidak. Di samping itu, terdapat baiknya andai mobil yangdipakai sudah berumur untuk menghabiskan air radiator yang ada. Seperti yang diketahui, radiator adalahsalah satu komponen mobil yang bermanfaat untukmengalihkan energi panas dari medium yang satu ke medium lainnya.

Ban mobil

Tidak boleh dilupakan, perjalanan yang jauh pasti akan “memakan” situasi ban mobil. Kita butuh mengeceknya saat selesai mengerjakan perjalanan panjanglaksana mudik ke kampung, misalnya. Lihat apakah suasana ban masih pantas pakai, serta tidak boleh sampai terlupa untuk memeriksa tekanan angin pada mobil kesayangan.

Kopling

Terutama guna mobil manual, memeriksa kopling ialah sebuah kewajiban setelah mobil dipakai untuk jarak tempuh yang jauh dan macet. Untuk memeriksa apakah adatantangan pada unsur kopling atau tidak, metodenya mudah.

Coba rasakan apakah terdapat perbedaan pada saat eksodus gigi, apakah tidak jarang terjadi slip atau malah transmisi sulit dipindahkan. Jika terjadi urusan demikian, maka segera ganti kampas kopling mobil.

Oli gardan dan oli transmisi

Bagian sangat penting lainnya ialah oli dan transmisi. Coba cek apakah dua-duanya masih pantas dipakai. Oli gardan dan oli transmisi mesti digantibilamana mobil telah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

Aki

Komponen beda yang pun tidak kalah urgen untuk diperiksa ialah aki. Apabila aki yang digunakan ialah aki basah, jajaki cek situasi rumah aki apakah kelemahan air atau tidak. Bukan hanya itu, periksa pun bagian terminal dan kualitas air aki. Biasanya, aki yang dalam situasi baik mempunyai angka 12 hingga 13 Voltandai dites memakai voltmeter ketika mesin dalam situasi mati.

Rem

Jangan pernah melalaikan pengecekan rem sehabis menempuh perjalanan jauh. Lakukanpemeriksaan  ketebalan kampas serta minyak rem, lihat pun apakah terdapat ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan sebab lupa mengerjakan pemeriksaan, rem mobil tidak dapat difungsikan ketika dikendarai.

Tidak ada komentar