5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Batik


Batik adalah baju khas warisan kebudayaan bangsa Indonesia. Suatu kehormatan hati besar saat memakai batik produksi asli Indonesia. Jika kita pria canggih dan mencintai kebiasaan Indonesia, saya rasa Anda tentu punya paling tidak 1 baju batik di lemari pakaian Anda.

Batik yang adalah suatu identitas bangsa mulai pulang trend dan dilestarikan akhirdasawarsa ini. Yang dulu semua pemuda tak mau memakai batik sebab batik berkesan tua, tidak gaya dan kolot tersebut kini mulai bangga menggunakan batik produk pribumi Indonesia. Berbagai macam corak menarik dan warna menjadikan batik Indonesia ini paling spesial. Hampir setiap wilayah mempunyai motif/corak yang khas. Oleh karena tidak sedikit motif dan warna batik sampai-sampai kadang anda bingung memilih batik mana yg cocok.

Jika dalam masa-masa dekat ini kita berencana untuk meningkatkan koleksi batik Anda, ada sejumlah hal yang mesti diacuhkan dalam memilih batik :

1. Fitting/Ukuran
Ukuran atau fitting pada batik seringkali yang tidak jarang kali menjadi problem. Banyak batik yang telah jadi siap pakai memiliki ukuran yang buruk.terlampau lebih ke samping, lengan yang terlampau lebar/panjang dan masih tidak sedikit lagi.

Ukuran menjadi urusan yang utama dalam memilih batik, sebab seperti yang sudahditerangkan pada tulisan kami sebelumnya, “Fit Is King“. Fit yang dimaksud disiniialah bukan menggunakan batik yg super ketat namun batik yang pas sesuai format tubuh Anda, tidak kehormatan dan tidak kekecilan.

Perlu diketahui pun style saat menggunakan batik banyak sekali diperuntukanmenggunakan baju batik yang dikeluarkan, tidak dimasukan dalam celana (untucked). Oleh karena tersebut perlu diperhatikan supaya tidak terlampau panjang atauterlampau pendek.

Gak peduli seberapa mahal batik yang kita pakai, bila tersebut tidak pas di badan kita maka penampilan Andalah yang bakal terlihat “murah”

2. Bahan
Yang memisahkan kualitas dari sebuah batik ialah bahan untuk menciptakan batik, yang terdiri dari bahan kain dan teknik membatik. Bahan kain guna batik pelbagai dari kain sutra hingga katun biasa. Sutra menjadi opsi bahan yang berkualitas untuk menciptakan batik ruang belajar High End. Sutra memang lebih nyaman untuk digunakan tetapi harganya biasaya lebih tinggi dikomparasikan dengan bahan biasa. Di samping bahan kain guna batik, teknik membatik-pun dapat menjadikan harga batik yang lebih tinggi, contohnya batik tulis memiliki harga yang lebih tinggi dikomparasikan dengan batik lukis. Hal inimesti diacuhkan ketika memilih batik dan sesuaikanlah dengan budget anda. Tidak selamanya batik tulis berkain sutra bisa membuat kamu tampil lebih canggih daripada batik lukis berkain katun.

3. Warna
Secara garis besar dalam batik tersebut terdiri dari warna “tanah” dan warna motif/corak batik. Yang perlu diacuhkan dalam memilih warna batik ialah warna berpengaruh dasar batik atau biasa dinamakan background / “tanah”. Warna dasar berikut yang dapat digunakan patokan Anda saat memilih batik guna dapat dipadu padankan dengan pakaian lainnya.
Warna gelap atau cerah tergantung opsi Anda guna acara yang kita kunjungi.Bagi acara kasual Anda dapat menggunakan warna-warna yang cerah, laksana merah, kuning, atau ungu. Sedangkan guna acara formal Anda dapat memilih warna yang lebih gelap atau monokrom (hitam/putih).

4. Motif
Indonesia paling kaya bakal budaya, suku, ras, dan agama. Oleh karena tersebut tiap wilayah mempunyai motif/corak batik yg berbeda-beda dan menjadikanya tersebut unik. Tidak terdapat salahnya kita eksplor motif-motif batik ygmenarik dan khas, contohnya motif “mega mendung” menjadi motif khas pada batik Trusmi Cirebon atau motif batik Kalimantan yang khas bertolak belakang dengan motif batik wilayah lain. Pastikan bahwa perpaduan antara warna motif batik dengan warna dasar batik cocok dan serasi.

5. Casual atau Formal
Sebelum Anda menyimpulkan untuk melakukan pembelian baju batik, tentukan baju batik ini guna acara formal, semi formal ataukah casual? Tidak terdapat patokaneksklusif batik mana yang kasual dan mana yang formal, namun tidak lucu kanandai Anda salah kostum sebab salah pilih motif batik? Anda mesti dapat membedakan batik mana yang kasual dan batik mana yang formal.

Sebenarnya tidak susah untuk membedakannya. Yang mesti kita perhatikan ialah element urgen dalam batik yakni motif dan warna dasar. Bagi batik motif casualseringkali mempunyai motif tumbuhan atau hewan ataupun yang lainya danmemiliki warna dasar berpengaruh yang terang. Di samping kemeja lengan pendek, batik kasual dapat saja dalam format polo shirt dan memiliki model-model yang bervariasi mulai dari jahitan yang berwarna atau dari menggabungkan  corak batik yang satu dengan yang lain. Sedangkan guna batik formal lebih ke format kemeja yang tidak terlalu tidak sedikit variasi model, melulu sekedar sederhana dan minimalis dan memiliki satu corak motif batik dengan warna-warna yang lebih soft dan elegan.

Tidak ada komentar