Luhut Minta Kader Golkar Selalu Berbicara Berdasarkan Data

Politikus senior Partai Golkar, Luhut Binsar Panjaitan, meminta para kader tidak ikut-ikutan berbohong alias mengibul. Hal itu sebagaimana Luhut ungkapkan saat menjadi salah satu pembicara dalam acara Orientasi Fungsionaris Pusat Partai Golkar pada Minggu malam ini.

Dalam kesempatan itu, awalnya menteri koordinator bidang kemaritiman ini berpidato terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemudian Luhut meminta kader Golkar tidak berbicara tanpa data soal pembangunan. Terlebih lagi, sambung dia, jika melontarkan kritik dan tuduhan tanpa data yang jelas.

"Kita ini hebat, tapi banyak diintervensi dengan berita yang tidak benar, yang ramai itu mengenai pengibulan, siapa yang mengibul? Saya minta Golkar tidak ikut-ikutan. Golkar itu bicara dengan data," kata Luhut saat berpidato di acara Orientasi Fungsionaris Partai Golkar, di Red Top Hotel, Pecenongan, Jakarta Pusat, Minggu (25/3/2018).

Tak hanya itu, Luhut juga sempat meminta Staf Khusus Menko Kemaritiman Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dalam hal ini, Luhut memaparkan investasi Indonesia yang naik 160 persen dari 2014 hingga 2018.

Kemudian, pertumbuhan turis mancanegara pada Januari–Agustus 2017 naik mencapai 25,68 persen. Atas dasar itulah Luhut meminta apabila ada kritik dan saran dibuktikan dengan fakta dan data agar tidak menjadi pembohongan publik.

"Jadi, kalau berkelahi pakai data. Data ini bisa dipertanggungjawabkan," terangnya.

Tidak ada komentar